BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

oonz

oonz
my photo

Kamis, 17 Februari 2011

CARA MENGHUBUNGKAN 2 KOMPUTER

Apa yang anda perlukan untuk menghubungkan 2 komputer atau PC? Yang dibutuhkan agar dapat saling terkoneksi yaitu Kedua komputer harus memiliki card network Adapters. Anda juga memerlukan sebuah kabel crossover ethernet untuk menghubungkan kedua PC tersebut. kabel Ethernet crossover dapat dibeli di toko komputer di sekitar tempat tinggal anda. Jangan membeli di toko besi ya..:)

OK Setelah anda membeli kabel dan memasangkan di kedua PC, selanjutnya yaitu :

1. Setting network properties kedua PC
  • Windows XP : Press Start -> Settings -> Network Connections. Windows Vista : Press Start -> Connect To -> View network computers and devices -> Network and Sharing Center.
  • Windows XP: Masuk ke Local Area Connection dan klik kanan. Pilih Properties, dan Local Area Connection. Windows Vista : Pilih Properties, dan Local Area Connection Properties dialog box muncul. Windows Vista: Pilih Manage Network Connections, klik Local Area Connection. Tekan tombol Properties, Local Area Connection Properties selanjutnya kotak dialog akan muncul.
  • Windows XP: Pilih Internet Protocol (TCP / IP) lalu tekan tombol Properties. Windows Vista: Pilih Internet Protocol versi 4 (TCP/Ipv4) dan tekan tombol Properties. Setelah itu Internet Protocol (TCP / IP) Properties kotak dialog muncul.
  • Pilih following ip address untuk kedua Sistem Opeerasi tsb.
  • IP address 192.168.1. X (di mana x adalah nomor 1-255 - angka ini adalah untuk jaringan lokal. Karena Anda hanya menghubungkan dua komputer di jaringan anda, disarankan Anda menggunakan 1 dan 2. Set PC 1 ip-nya 192.168.1.1 (192.168.1.2 untuk komputer kedua). Di subnetmask 255.255.255.0 (untuk kedua komputer).lalu Tekan OK.
2. Buat workgroup untuk jaringan lokal
  • Windows XP: Buka System Properties menggunakan Win + Break. Windows Vista: buka System Properties menggunakan Win+Break, klik Advanced system settings.
  • Pilih tab Computer Name, klik Ubah. Menentukan nama komputer dalam bidang komputer nama, pilih Anggota workgroup, dan masukkan nama workgroup (HOME pada gambar di bawah). Setelah itu rebbot / restart PC.
  • Sekarang kedua PC sudah saling terkoneksi dalam satu jaringan.
  • Windows XP: Untuk mengaksesnya dari komputer lain: tekan Start -> Settings -> Network Setting. Klik My Network Places, klik Entire Network, klik dua kali Microsoft Windows Network, klik dua kali HOME workgroup, nama kedua PC akan muncul.

0 komentar: